Oleh : NURUL HAQIQI
(Disampaikan sebagai tugas Kegiatan Humas)
Costumer Relations adalah Hubungan baik dengan public
internal maupun
eksternal akan membentuk iklim positif suatu perusahaan yang pada akhirnya akan
meningkatkan nilai produktivitas. Hubungan baik yang ditujukan kepada public
eksternal perusahaan akan menimbulkan jalinan ikatan yang erat antara
perusahaan dengan public eksternalnya. Hubungan baik ini dapat berupa kesetian
para klien terhadap perusahaan yang bersangkutan. Customer
Relations merupakan
kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui
pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan. Pelayanan yang diberikan
termasuk menerima keluhan / masalah yang sedang dihadapi.
‘ Strategi Customer Relations
Strategi merupakan cara-cara
atau taktik yang dipakai untuk mewujudkan suatu tujuan atau rencana yang telah
ditetapkan. Sehingga Strategi Customer Relations merupakan sebuah cara atau
taktik yang digunakan untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan
agar mereka merasa puas, nyaman, dan percaya terhadap perusahaan kita. Sehingga
hubungan bisnis dapat tercipta dengan baik dan lancer. Hubungan dengan
pelanggan juga membutuhkan komunikasi yang baik dan intens, sehingga tercipta
mutual understanding di antara keduanya.
Dalam prakteknya seorang Public Relations harus mampu melaksanakan
bentuk-bentuk komunikasi baik interpersonal maupun komunikasi massa. Dalam
menjalankan Strategi Customer Relations, seorang komunikator perlu
memperhatikan sifat-sifat komunikasi, yang di antaranya adalah:
Saat komunikasi tatap muka berlangsung,
seorang komunikator harus dapat memanfaatkan moment ini untuk seoptimal mungkin
untuk menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan klien, memahami maksud dan
tujuan klien, dan membuat klien nyaman dan percaya dengan kredibilitas dan
kemampuan seorang komunikator.
Bermedia ( mediated)
Komunikasi memiliki banyak media yang dapat
membuat proses penyampaian pesan sampai dengan optimal kepada sasarannya, dan
media tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan
perusahaan.
Komunikasi verbal baik lisan maupun tulisan
yang ditekankan pada penggunaan bahasa dan kata-kata yang mengandung
pesan-pesan/ informasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan.
Komunikasi nonverbal cukup banyak cakupannya,
seperti gesture, body language, gambar dan symbol-simbol, eye contact, dll .
Customer
Relations merupakan kegiatan yang diperuntukkan atau
ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang
secara memuaskan .Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian
suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini
yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada
pengertian Ruben dan Steward (1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu: Human
communication is the process through which individuals –in relationships,
group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to
the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang
melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan
masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan
lingkungan satu sama lain. Untuk memahami pengertian komunikasi tersebut
sehingga dapat dilancarkan secara efektif dalam Effendy(1994:10) bahwa para peminat
komunikasi sering kali mengutip paradigma yang dikemukakan oleh Harold Lasswell
dalam karyanya, The Structure and Function of Communication in Society.
Lasswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk untuk menjelaskan komunikasi
ialah dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut: Who Says What In Which
Channel To Whom With What Effect? Paradigma Lasswell di atas menunjukkan bahwa
komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan
itu,yaitu:
1. Komunikator (siapa yang mengatakan?)
2. Pesan (mengatakan apa?)
3. Media (melaluisaluran/ channel/media apa?)
4. Komunikan (kepada siapa?)
5. Efek (dengan dampak/efek apa?).
Kemudian perlu diketahui pula teori Uses and
Gratification yakni penggunaan media oleh seseorang sebagai pemuas kebutuhannya
dan hanya dapat dikontrol oleh dirinya. Teori ini pertama kali diperkenalkan
oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz (1974). Teori ini mengatakan bahwa pengguna
media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut.
Dengan kata lain, pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses
komunikasi. Pengguna media berusaha mencari sumber media yang paling baik di
dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Artinya pengguna media mempunyai pilihan alternatif untuk
memuaskan kebutuhannya.
Manfaat Costumer Relations
Costumer Relations
memberikan beberapa manfaat seperti:
· Membantu
perusahaan / organisasi sehingga memungkinkan bagian marketing untuk
mengidentifikasi secara tepat pelanggan / relasi mereka, mengatur bagian marketing dengan tujuan dan sasaran yang jelas serta
meningkatkan kualitas bagian marketing.
· Membantu
perusahaan / organisasi untuk meningkatkan kinerja dengan mengoptimalkan sharing informasi oleh beberapa pegawai dan mempersingkat
proses yang ada.
· Memungkinkan bentuk hubungan personal dengan
pelanggan / relasi dengan tujuan meningkatkan kepuasaan pelanggan / relasi dan
memaksimalkan keuntungan yang didapat; mengidentifikasi pelanggan / relasi yang
potensial dan memberikan mereka serviceyang lebih dibandingkan pelanggan / relasi lainnya.
Memberikan
informasi kepada pegawai lainnya untuk mengetahui secara pasti pelanggan /
relasi mereka, mengetahui kebutuhannya dan membangun hubungan yang efektif
antara perusahaan / organisasi, pelanggan / relasi dan partner pendukung
lainnya.
Dengan kata lain,
Costumer Relations dikembangkan untuk memberikan tingkat kepuasaan pelanggan / relasi sehingga akan tetap kembali dengan service yang perusahaan / organisasi berikan dan membuka peluang bagi perusahaan / organisasi
menjadi pemenang dalam berbisnis.
1 komentar:
PENAWARAN JASA CUSTOMS CLEARANCE IMPORT & UNDERNAME
Dear Import Dept / Purchasing Dept
Kepada Yth,
Pimpinan Perusahaan,
(Impor Department)
Kami dari PT.METROPOLITAN TIRTA BEKASI, memperkenalkan diri sebagai
Perusahaan International Freight Forwarders & Importir Umum yang berdomisili di Jawa Barat dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Undername import
Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan,
maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang diperlukan antara lain:
- Surat Registrasi Pabean ( SRP / NIK / NIB )
- NIB ( Nomor Induk Berusahan )
- Angka Pengenal Importir
- PI/SPI(Besi Baja,Elektronic,Garmen,Sepatu dan Peralatan kaki lainnya)
- N P W P
- SIUP, TDP & Akte Notaris
Adapun Products dan Services kami diantara lain :
- AIR & SEA CARGO SERVICES
- CONSIGNEE / UNDERNAME SERVICE
- INTERNATIONAL COURIER SERVICES
- DOOR TO DOOR SERVICES
- IMPORT AND CUSTOMS CLEARANCE SERVICE
- ALL - IN SERVICES
Adapun operasional perusahaan kami service customs clearance import
- Pelabuhan Tg Priok ( Jakarta )
- Pelabuhan Tg Perak ( Surabaya )
- Pelabuhan Tg Emas ( Semarang )
Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Service lain yang terpilih,
diperkuat dengan MOU bermaterai demi terciptanya suatu kepercayaan dan
kekuatan Hukum bersama.
Demikianlah Perkenalan ini kami sampaikan, Atas perhatian dan kerja
samanya, kami ucapkan terima kasih.
Best regards,
PUTRA ARDIANSYAH
mobile/whatsapp : +6285270312411
email :putraimport95@gmail.com
telp : 021-82751777
PT METROPOLITAN TIRTA BEKASI
GRAND GALAXY CITY, JALAN ROSE GARDEN 5
NO.111 KEL,JAKA SETIA,KEC BEKASI SELATAN
KOTA BEKASI,JAWA BARAT 17148
Posting Komentar