Oleh
: Deasy Ratnasari
(Disampaikan
sebagai tugas mata kuliah Kegiatan kehumasan)
Definisi Investor Relation
National Investor Relations institute ( NIRI )
menyebutkan definisi investor relations , yaitu “ kegiatan pemasaran korporat
yang menggabungkan disiplin komunikasi dan pemasaran untuk memberikan gambaran
yang tepat mengenai kinerja dan prospek perusahaan kepada para investor dan
calon investor “. Aktivitas IR ini bila dapat berjalan secara efektif akan
dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap nilai perusahaan secara
keseluruhan , serta terhadap biaya modal perusahaan secara keseluruhan pula .
Proses pemasaran saham perusahaan meliputi
identivikasi para pihak yang menjadi target ( investor instusi , perorangan dan
karyawan serta andisis ) yang mungkin tertarik untuk melakukan investasi atau
menganalisa saham perusahaan dengan menyajikan informasi historis dan
prospektif mengenai perusahaan sehingga pihak-pihak tersebut dapat mengambil
keputusan atau member rekomendasi untuk mengambil keputusan investasi
berdasarkan informasi yang diperoleh .
Selanjutnya menurut NIRI , pemasran dan konteks ini
tidak berarti “ selling “ atau menjual saham kepada investor . tetapi lebih
merupakan suatu proses identifikasi masyarakat yang menjadi sasaran , serta
memberikan edukasi kepada mereka tentang nilai saham perusahaan saat ini dan
potensi nilainya dimasa yang akan datang .
Investor Relations juga merupakan kegiatan memenuhi
kebutuhan organisasi terhadap maslah ekonomi . tepatnya agar pemegang saham
mendapatkan informasi terkini tentang kebijakan ekonomi nasional yang
mempengaruhi perusahaan . adapun kegiatan – kegiatan investor relations :
Mengembangkan
publikasi /program komunikasi untuk investor : Kliping berita ( media
monitoring ), Bulletin investor , Annual report , Website content.
Menangani even
: Proses briefing , IPO , Public expose
Membina
hubungan baik dengan media khusus financial
Melakukan
survey persepsi .
A.
Fungsi dari
Investor Relations
1.
Pengaturan
presentasi dalam rapat – rapat manjamen perusahaan dengan para analis efek dan
manajer investasi dalam perusahaan yang sudah go public . membantu penentuan
target investor secara efektif dan menyelanggarakan pertemuan , baik satu
persatu secara dengan beberapa investor institusi.
2.
Memberikan
nasihat dalam penyusunan strategi , kebijakan dan program investor relations
yang sehat dan consistent . memberikan sran mengenai program komunikasi yang
redibel untuk keperluan masyarakat investor domestic maupun asing .
3.
Menyusun dan
melaksanakan program komunikasi kritis guna mengantisipasi dan ataupun tindakan
hokum pihak yang berwenang .
4.
Member
petunjuk kepada tim manajemen tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan
pengungkapan informasi material yang harus disampaikan kepada public , masalah
hangat dan praktisi tentang pelaporan keuangan .
5.
Menyusun
dasar- dasar dan program komunikasi keuangan yang terpadu , berkualitas tinggi
biaya yang efektif dan mengena terhadap sasaran yang diharapkan .
6.
Melatih diri
dan memberikan masukan kepada direksi ataupun pejabat investor relations agar
menjadi pembicara yang efektif dan konsisten , baik dalam koorperasi dengan
para investor , analis , find manager , wartawan dan pihak – phak lainnya .
7.
Menyusun
program investor relations yang proaktif dengan penempatan yang terpadu pada
media yang sesuai dan efektif baik nasional maupun internasional , guna
menyediakan dan menyampaikan berbagai informasi perusahaan yang penting untuk
menumbuhkan kesadaran para investor
tentang perusahaan .
8.
Mengembangkan
pesan – pesan dalam investor relations yang akan secara proaktif mempengaruhi
visi strategi manajemen , kinerja keuangan dan operasional serta keahlian
bisnis yang dimiliki perusahaan .
9.
Membantu
manajemen dalam mengembangkan pendekatan – pendekatan strategis y6ang efektif
yang berhubungan dengan pasar modal untuk meningkatkan nilai pemegang saham dan
menurunkan biaya modal perusahaan .
10.
Mengidentifikasi
analisis sisi jual dan sisi beli serta manajer investasi dan kepentingan sesuai
dengan karakteristik perusahaan . menetapkan forum-forum investor individu yang
paling cocok dan efisien . memebantu manajemen dengan menentukan bauran
pemegang saham yang ideal untuk mendukung tujuan – tujuan investasi perusahaan
.
Keperpustakaan
:
1.
Bill cantor ,
expert in action : inside Public Relations ; Longman , New York ( 1989 )
2.
Cutlip ,scoot
M, Allen H and Glen M brom, Efective Public Relations , 7 th ed : Prentice Hall
, New Jersey ( 1994 )
3.
Hardiman Ima ,
400 Istilah Public Relations media dan Perikalanan : PT buku kita , Jakarta
0 komentar:
Posting Komentar