Arti dan Fungsi Investor Relations



Oleh : Deasy Ratnasari
(Disampaikan sebagai tugas mata kuliah Kegiatan kehumasan)
 
Definisi Investor Relation 

 National Investor Relations institute ( NIRI ) menyebutkan definisi investor relations , yaitu “ kegiatan pemasaran korporat yang menggabungkan disiplin komunikasi dan pemasaran untuk memberikan gambaran yang tepat mengenai kinerja dan prospek perusahaan kepada para investor dan calon investor “. Aktivitas IR ini bila dapat berjalan secara efektif akan dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap nilai perusahaan secara keseluruhan , serta terhadap biaya modal perusahaan secara keseluruhan pula .

Proses pemasaran saham perusahaan meliputi identivikasi para pihak yang menjadi target ( investor instusi , perorangan dan karyawan serta andisis ) yang mungkin tertarik untuk melakukan investasi atau menganalisa saham perusahaan dengan menyajikan informasi historis dan prospektif mengenai perusahaan sehingga pihak-pihak tersebut dapat mengambil keputusan atau member rekomendasi untuk mengambil keputusan investasi berdasarkan informasi yang diperoleh .

Selanjutnya menurut NIRI , pemasran dan konteks ini tidak berarti “ selling “ atau menjual saham kepada investor . tetapi lebih merupakan suatu proses identifikasi masyarakat yang menjadi sasaran , serta memberikan edukasi kepada mereka tentang nilai saham perusahaan saat ini dan potensi nilainya dimasa yang akan datang .

Investor Relations juga merupakan kegiatan memenuhi kebutuhan organisasi terhadap maslah ekonomi . tepatnya agar pemegang saham mendapatkan informasi terkini tentang kebijakan ekonomi nasional yang mempengaruhi perusahaan . adapun kegiatan – kegiatan investor relations :
*      Mengembangkan publikasi /program komunikasi untuk investor : Kliping berita ( media monitoring ), Bulletin investor , Annual report , Website content.
*      Menangani even : Proses briefing , IPO , Public expose
*      Membina hubungan baik dengan media khusus financial
*      Melakukan survey persepsi .

A.   Fungsi dari Investor Relations

1.      Pengaturan presentasi dalam rapat – rapat manjamen perusahaan dengan para analis efek dan manajer investasi dalam perusahaan yang sudah go public . membantu penentuan target investor secara efektif dan menyelanggarakan pertemuan , baik satu persatu secara dengan beberapa investor institusi.

2.      Memberikan nasihat dalam penyusunan strategi , kebijakan dan program investor relations yang sehat dan consistent . memberikan sran mengenai program komunikasi yang redibel untuk keperluan masyarakat investor domestic maupun asing .

3.      Menyusun dan melaksanakan program komunikasi kritis guna mengantisipasi dan ataupun tindakan hokum pihak yang berwenang .

4.      Member petunjuk kepada tim manajemen tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pengungkapan informasi material yang harus disampaikan kepada public , masalah hangat dan praktisi tentang pelaporan keuangan .

5.      Menyusun dasar- dasar dan program komunikasi keuangan yang terpadu , berkualitas tinggi biaya yang efektif dan mengena terhadap sasaran yang diharapkan .

6.      Melatih diri dan memberikan masukan kepada direksi ataupun pejabat investor relations agar menjadi pembicara yang efektif dan konsisten , baik dalam koorperasi dengan para investor , analis , find manager , wartawan dan pihak – phak lainnya .

7.      Menyusun program investor relations yang proaktif dengan penempatan yang terpadu pada media yang sesuai dan efektif baik nasional maupun internasional , guna menyediakan dan menyampaikan berbagai informasi perusahaan yang penting untuk menumbuhkan kesadaran para investor  tentang perusahaan .

8.      Mengembangkan pesan – pesan dalam investor relations yang akan secara proaktif mempengaruhi visi strategi manajemen , kinerja keuangan dan operasional serta keahlian bisnis yang dimiliki perusahaan .

9.      Membantu manajemen dalam mengembangkan pendekatan – pendekatan strategis y6ang efektif yang berhubungan dengan pasar modal untuk meningkatkan nilai pemegang saham dan menurunkan biaya modal perusahaan .

10.  Mengidentifikasi analisis sisi jual dan sisi beli serta manajer investasi dan kepentingan sesuai dengan karakteristik perusahaan . menetapkan forum-forum investor individu yang paling cocok dan efisien . memebantu manajemen dengan menentukan bauran pemegang saham yang ideal untuk mendukung tujuan – tujuan investasi perusahaan .

 Keperpustakaan :
 1.      Bill cantor , expert in action : inside Public Relations ; Longman , New York ( 1989 )
2.      Cutlip ,scoot M, Allen H and Glen M brom, Efective Public Relations , 7 th ed : Prentice Hall , New Jersey ( 1994 )
3.      Hardiman Ima , 400 Istilah Public Relations media dan Perikalanan : PT buku kita , Jakarta


0 komentar:

Poskan Komentar