Jenis-Jenis Komunikasi



Memahami cakupan dan ruang lingkup dunia komunikasi, dapat memberikan
gambaran dan membuka wacana kita mengenai tindakan komunikasi yang dapat
ditempuh, untuk mencapai tujuan kita.
Jika ditinjau dari komponennya, lingkup komunikasi terdiri dari:
1. Komunikator
2. Pesan
3. Media
4. Komunikan
5. Efek.

Jika misalnya seorang petugas humas suatu propinsi melakukan jumpa pers, menjelaskan tentang rencana pilkada di daerahnya, maka:
- komunikator adalah petugas humas.
- pesan adalah informasi rencana pilkada.
- media adalah komunikasi langsung, tatap muka.
- komunikan adalah para jurnalis.
- efek adalah para wartawan mengerti tentang penyelenggaraan pilkada yang akan
datang.

Jika ditinjau dari bentuknya, maka komunikasi dapat terbagi menjadi:
1. Komunikasi personal, yang terdiri dari komunikasi interpersonal, dan komunikasi
antar personal.
2. Komunikasi kelompok, yang terdiri dari komunikasi kelompok kecil dan
kelompok besar.
3. Komunikasi massa, yang terdiri dari media cetak, radio siaran, dan televisi.

Dalam contoh jumpa pers tadi, maka bentuk komunikasi yang dipakai adalah
komunikasi kelompok.

Jika dilihat dari sifatnya, maka komunikasi dapat dibagi menjadi:
1. Komunikasi tatap muka.
2. Komunikasi bermedia.
3. Komunikasi verbal, yang terdiri dari lisan dan tulisan.
4. Komunikasi non verbal, yang terdiri dari isyarat badaniah dan gambar.
Dilihat dari sifatnya, acara jumpa pers itu adalah komunikasi tatap muka.

Jika dilihat dari metode yang digunakan, maka kegiatan komunikasi dapat dibagi menjadi:
1. Jurnalistik
2. Public Relations (hubungan masyarakat)
3. Advertising (periklanan)
4. Pameran
5. Publisitas
6. Propaganda
7. Perang Urat Syaraf
8. Penerangan
Dilihat dari metodenya, maka acara jumpa pers itu adalah acara public relations
(hubungan masyarakat).

Jika dilihat dari teknik yang digunakan, maka komunikasi dapat terbagi ke dalam:
1. Komunikasi informatif
2. Komunikasi persuasif
3. Komunikasi instruktif
4. Hubungan Manusiawi.
Dilihat dari tekniknya, maka acara jumpa pers itu dikategorikan komunikasi informatif.

Jika dilihat dari tujuannya, maka komunikasi memiliki beberapa kategori untuk:
1. Perubahan sikap
2. Perubahan pendapat
3. Perubahan perilaku
4. Perubahan sosial.
Dilihat dari tujuannya, acara itu untuk perubahan pendapat, dalam artian agar para jurnalis itu menjadi lebih tahu dibanding sebelumnya tentang penyelenggaraan pilkada di daerah tersebut.

Jika dilihat dari modelnya, maka komunikasi dapat dibagi kedalam:
1. Komunikasi satu tahap
2. Komunikasi dua tahap
3. Komunikasi multi tahap.
Sedangkan dilihat dari modelnya, maka yang terjadi adalah model komunikasi satu tahap, yaitu komunikasi tatap muka petugas humas dengan para jurnalis.

Jika dilihat dari bidang-bidang yang melatar belakangi, maka komunikasi dapat
dibagi menjadi:
1. Komunikasi sosial
2. Komunikasi manajemen
3. Komunikasi perusahaan
4. Komunikasi politik
5. Komunikasi interpersonal
6. Komunikasi antar budaya
7. Komunikasi pembangunan
8. Komunikasi lingkungan
9. Komunikasi tradisional
10.Komunikasi cyber.

Sementara dari bidang yang melatarbelakanginya, acara tersebut adalah perwujudan komunikasi politik.

0 komentar:

Posting Komentar