PR DAN DUNIA MAYA



Fasilitas dunia maya :

q     Email
q     Website
q     Blog

Definisi Email :

o     Electronic mail; a digitally encoded message sent from one computer to another through an electronic communications medium, especially by means of a computer network..  (surat elektronik; pesan kode digital  yang dikirim dari satu komputer ke komputer lain melalui komunikasi elektronik media,  terutama  melalui jaringan komputer)

Dari definisi tersebut diperoleh gambaran bahwa email :

o     Pesan yang dikirim dari satu orang ke yang lainnya atau ke sekelompok orang yang mempunyai alamat internet tertentu.
o     E-mail merupakan jenis internet yang paling banyak dipakai di seluruh dunia.
o     Karena makin banyak orang yang mempunyai alamat e-mail dan mempergunakannya setiap hari, maka e-mail menjadi salah satu kekuatan terbesar bagi kegiatan humas yang memakai internet

Kemampuan Email :

o     Membuat dan mengirim pesan
o     Membuka pesan-pesan yang ada di server kita
o     Melakukan tindakan terhadap pesan-pesan yang masuk, contohnya meneruskan pesan-pesan ke daftar orang-orang yang dianggap berkepentingan terhadap pesan tsb.

Kegunaan Email :

§         Individual, dalam bentuk satu ke satu (one-on-one format) : Kegunaan e-mail dalam komunikasi satu ke satu (one-on-one communication) sangat banyak. Dari memelihara suatu hubungan dengan wartawan sampai melakukan negosiasi yang sulit dengan kelompok aktivis yang dituju humas.
§         Sekelompok orang yang pesannya hanya satu (distribution list) :  E-mail menyediakan cara dimana kita dapat mengirimkan satu pesan kepada banyak orang, dengan distribution lists
§         Distribution lists dapat dipergunakan juga untuk:
o     Memastikan semua pihak yang terlibat dalam suatu negosiasi dapat berpartisipasi dalam berbagai diskusi.
o     Membentuk fokus grup (focus groups).
o     Mengetahui siapa saja para peserta diskusi intensif

§         Membagi temuan riset kepada para khalayak yang dituju (key audience members).
§         Menyediakan secara teratur data terbaru tentang isu-isu tertentu kepada khalayak yang dituju (targeted audience members).

Langganan mailing List :

§         Langganan mailing list  :  Ketika kita mengirimkan sebuah pesanke software maka software secara otomatis mendistribusikan pesan kita keseluruh pelanggannya.
§         Mailing list :  dapat bersifat interaktif (setiap pelanggan dapat mengirimkan pesan) atau satu arah (memungkinkan Anda mengirimkan pesan ke individu yang berlangganan, tetapi kemampuan pelanggan untuk menanggapi atau membuat pesan dibatasi).
§         Subscription mailing list dapat dipergunakan untuk memberikan informasi terkini lembaga kepada khalayak target secara regular dan memberikan ruang untuk berdiskusi diantara para anggota khalayak mengenai topik-topik tertentu.

Kelebihan Email :

o     Individu juga dapat dihubungi melalui e-mail.
o     Dengan e-mail, seluruh proses komunikasi memiliki catatan kronologis hingga kata per kata.
o     Dalam proses surat-menyurat dibutuhkan berbagai lampiran bentuk dokumen spt laporan, gambar grafik dll  yang jg dapat dikirim sbg lampiran e-mail (e-mail attachment).



WORLD WIDE WEB


Definisi World Wide Web :

o     computer network consisting of a collection of internet sites that offer text and graphics and sound andanimation resources through the hypertext transfer
protoco  (jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan Internet situs yang menawarkan teks dan grafis, suara, dan daya animasi melalui transfer hypertext protoco)

Kelebihan WEB :

o     Cepat dan tidak ada batasan ruang (space limitation).
o     Memungkinkan pengakomodasian pemuasan khalayak akan komunikasi informasi ekonomi.
o     Membuka kesempatan untuk melakukan komunikasi satu-satu (one-on-one communication) dan pemasaran

Langkah Pembuatan Website

q     Home Pages
q     Internal pages
q     Headers
q     Navigational Bars
q     Logo

Catatan tentang Website :

o     websites hanya dapat diakses melalui sistem internet atau intranet.
o     Mendaftarkan diri ke mesin pencari (search engine) adalah cara efektif untuk mendapatkan perhatian optimal secara maksimum.
o     Website yang mengumpulkan informasi mengenai berbagai situs berbeda, kemudian mengkategorikannya berdasarkan subyek dan kata kunci


BLOG

Definisi Blog :

§         a shared on-line journal where people can post diary entries about their personal experiences and hobbies. (sebuah jurnal on-line bersama di mana orang dapat memposting entri buku harian tentang pengalaman pribadi mereka dan hobi).
§         adalah salah satu bentuk dari komunikasi praktisi humas secara online telah mulai di eksplorasi sebagai alat untuk komunikasi dengan publik ( Hill, 2005; Smuddle, 2005).
§         Blog berawal dari diari pribadi yang berisi tentang refleksi pribadi penulis sebagai seseorang dan dalam bentuk yang intim dari refleksi diri( Bortree, 2004;Huffaker & Calvert 2005).
§         Situs web yang berisi kumpulan tulisan yang disusun secara kronologis yang dilakukan secara sindikasi ataupun tidak sindikasi.

Siapa Pengguna Blog ?

o     Menurut studi yang di lakukan oleh pada akhir 2004, 7% dari orang dewasa pengguna internet di USA telah memelihara halaman blognya, dan 27 % dari pengguna internet telah membaca blog dari pengguna internet lain.
o     Bandingkan terhadap hanya 2 % pengguna internet yang memelihara blog dan 11 % yang membaca blog orang lain pada tahun 2003,  angka ini mengindikasikan peningkatan yang dramatis  (The New Pew Internet dan American Life Project (2005).

Fungsi Blog :

§         Marken (2005), blog perusahaan dapat menjadi alat komunikasi  yang  efektif dan efesien karena blog mempunyai karakteristik yang unik yang memfasilitasi antara komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah, dan antara komunikasi masa dan komunikasi antar pribadi
§         Blog dapat secara personal bisa menjadi media komunikasi antar pribadi dan pada waktu yang bersamaan media komunikasi masa melalui salah satu dari itu dapat menjangkau audiens masa anonim.
§         Blog memberikan kanal unik terhadap organisasi untuk berkomunikasi secara langsung dengan publiknya dengan cara yang intim yang menyerupai kaomunikasi antar pribadi sekaligus menjangkau audiens massa ( Kelleher & Miller, 2006).

Kelebihan Blog :

o     Karena fleksibelitas dan sifat alaminya yang saling terhubung, orang bisa menggunakan blog untuk berbagai macam tujuan termasuk: menjadi diary pribadi (Bortree, 2005; Huffaker & Calvert, 2005);
o     Berhubungan dengan blogger lain ( Herring, Kuper, Paolillo, dan Sheidt, 2005);
o     membangung komunitas maya (Lawson-Borders dan Kirk, 2005);
o     Mensosialisasikan ke masa audiens (Lawson-Borders dan Kirk, 2005).

Kelebihan Blog :

o     Karena fleksibelitas dan sifat alaminya yang saling terhubung, orang bisa menggunakan blog untuk berbagai macam tujuan termasuk: menjadi diary pribadi (Bortree, 2005; Huffaker & Calvert, 2005);
o     Berhubungan dengan blogger lain ( Herring, Kuper, Paolillo, dan Sheidt, 2005);
o     membangung komunitas maya (Lawson-Borders dan Kirk, 2005);
o     Mensosialisasikan ke masa audiens (Lawson-Borders dan Kirk, 2005).

Karakteristik Blog :

o     Ada format sindikasi seperti RSS atau ATOM
o     Biasanya memiliki fasilitas komentar, trackback dan/atau pingback
o     Tulisannya dibuat dari sudut pandang penulisnya (blog bukanlah jurnalisme atau press release)
o     Penulisan blog dibantu oleh CMS (content management system)
o     Sindikasi dan Information Overload
o     Ada format sindikasi seperti RSS atau ATOM
o     Biasanya memiliki fasilitas komentar, trackback dan/atau pingback
o     Tulisannya dibuat dari sudut pandang penulisnya (blog bukanlah jurnalisme atau press release)
o     Penulisan blog dibantu oleh CMS (content management system)
o     Sindikasi dan Information Overload
Tanpa Sindikasi

o     Pengunjung membaca situs web yang diminati satu per satu setiap harinya
o     Menghabiskan waktu jika situs web yang diminati cukup banyak

Dengan Sindikasi

o     Program pengumpul berita (aggregator) mengumpulkan berita pada interval waktu tertentu
o     Pembaca hanya perlu membaca kumpulan berita pada satu tempat
o     Situs web harus mendukung sindikasi

Aplikasi penyedia Blog :

q     Aplikasi blog:
     – WordPress (http://wordpress.org)
     – MovableType (http://sixapart.com/  
        movabletype/)

o     Penyedia layanan blog:
      – Typepad (http://typepad.com)
      – Blogger (http://blogger.com)

Langkah membuat Blog

o     Menyiapkan situs blog : Menggunakan jasa pihak ketiga (gratis atau berbayar)
o     Membuat/menginstall sendiri :  Mengisi situs blog tersebut,  Berinteraksi dengan pembaca blog serta penulis blog lainnya

Teknologi Blog Di masa Depan

o     Mobile blogging (moblogging): memanfaatkan teknologi selular untuk menulis blog
o     Photoblogging: blog dalam format foto
o     Audioblogging: blog dalam format audio
o     Videoblogging: blog dalam format video
o     Podcasting: perpaduan antara teknologi sindikasi dan audio/videoblogging sebagai implementasi pengiriman konten dengan metoda pull

Beberapa Peristiwa yang Dipengaruhi Blog :

o     Serangan 11 September
o     Invasi Amerika Serikat ke Irak
o     Pemilihan Presiden Amerika Serikat
o     Serangan teroris di Madrid & London
o     Kasus bom Kuningan
o     Bencana Tsunami Sumatera
o     Sengketa Indonesia & Malaysia tentang Blok Ambalat

Fakta-Fakta Tentang Blog

o     8 juta warga negara Amerika Serikat dewasa memiliki blog
o     Jumlah pembaca blog meningkat 58% pada tahun 2004
o     27% pengguna Internet adalah pembaca blog
o     5% pengguna Internet menggunakan aggregator“Bloggers: People of the Year”
o     (ABC News, 30 Des 2004)
o     Ada blog untuk setiap topik. Ada blog untuk setiap minat”
o     Ada jutaan blog di Internet. Ada sebuah blog baru yang dibuat dalam setiap 7.5 detik”
o     “Lusinan penulis blog membuat laporan pandangan mata Tentang Tsunami 2004”
o     “Tahun ini, penulis blog diizinkan untuk meliputi konvensi partai politik nasional”
o     “Blog menyebabkan pengunduran diri pemimpin senat Amerika Serikat”
o     “Blog yang pertama kali memuat gambar jenazah prajurit
o     Amerika Serikat yang tewas” The State of Blogging”
(Pew Internet & American Life Project, 1 Feb 2005)

Dipecat Karena Menulis Blog?

o     Heather Armstrong, konsultan web, Feb 2002
o     Michael Hanscom, kontraktor Microsoft, Okt2003
o     Joyce Park, pemrogram Friendster, Agu 2004
o     Peter Whitney, pegawai WellsFargo, Agu 2004
o     Ellen Simonetti, pramugari Delta, Okt 2004
o     Mark Jen, pemrogram Google, Jan 2005
o     Joe Gordon, pegawai toko buku Waterstone's,

Tips Buat Blogger

o     Menulis blog pribadi pada jam kerja atau dengan menggunakan fasilitas perusahaan
o     Memprotes kebijaksanaan perusahaan
o     Membocorkan rahasia perusahaan
o     Menghina atau mengata-ngatai atasan
o     Melanggar privasi perusahaan
o     Berbuat tidak pantas di blog dengan atribut perusahaan
o     Menyalahgunakan blog milik perusahaan

Tips Menulis Blog

o     Tulisan pada blog menjangkau seluruh dunia dan bisa dibaca oleh siapapun termasuk atasan atau rekan kerja anda
o     Yakinkan bahwa isi blog anda tidak menyinggung atasan atau tempat anda bekerja
o     Tanyakan kepada atasan atau tempat andabekerja mengenai kebijaksanaan mengenai blog

Tidak Perlu takut menulis Blog

o     Blog adalah media penyampaian informasi, bukan informasi itu sendiri
o     Peraturan pada tempat kerja berlaku juga untuk media lain selain blog
o     Jika ada, bacalah terlebih dahulu kebijaksanaan blog di tempat kerja
o     Legal Guide for Bloggers (http://www.eff.org/bloggers/lg/)

Perusahaan yang memiliki Blog

o     Microsoft (http://www.microsoft.com/ communities/ blogs/PortalHome.mspx)
o     IBM (http://www-106.ibm.com/ developerworks/ blogs/index.jspa)
o     Google (http://googleblog.blogspot.com)
o     Yahoo! (http://ysearchblog.com/)
o     General Motors (http://gmblogs.com/)
o     BusinessWeek (http://www.businessweek.com/the_thread/techbeat
o     Forbes (http://blogs.forbes.com/)
o     Guardian (http://blogs.guardian.co.uk/online/)

Peran PR Terkait keberadaan Blog perusahaan

o     Membuat blog perusahaan
o     Mengizinkan karyawan untuk menulis pada blog perusahaan dan berkomentar atas nama perusahaan pada blog lain
o     Memanfaatkan blog sebagai salah satu sarana penyampaian informasi ke publik
o     Mengamati perkembangan pada blog lain yang terkait dengan perusahaan dan bidang usaha perusahaan.
o     Jika diperlukan, melakukan mitigasi terhadap hal-hal yang bisa berdampak negatif pada perusahaan Mengamati Perkembangan Dalam Blogosphere
o     Berlangganan ke blog yang berhubungan dengan bidang usaha perusahaan
o     Berlangganan keyword : Technorati.com dan Bloglines.com

Mengapa Perusahaan Perlu Blog ?

o     Fenomena blog berkembang dengan sangat cepat
o     Suka atau tidak suka, penulisan blog tidak dapat dicegah
o     Fenomena blog harus dapat dimanfaatkan demi kemajuan perusahaan
o     Efek-efek negatif yang mungkin dapat ditimbulkan oleh blog harus dapat ditekan

Contoh Kebijakan mengenai Blog (Forrester Research, Nov 2004)
o     Pastikan bahwa pembaca tahu bahwa pendapat di blog adalah pendapat pribadi
o     Hormati informasi rahasia dan hak milik perusahaan
o     Tanyakan kepada atasan anda jika anda memiliki pertanyaan tentang topik bahasan blog anda
o     Hormati perusahaan, pegawai, pelanggan, partner dan kompetitor
o     Patuhi jika perusahaan menginginkan agar anda tidak mendiskusikan topik tertentu
o     Pastikan bahwa aktivitas penulisan blog tidak mengganggu kerja anda
o     Harvard (http://blogs.law.harvard.edu/terms)
o     Sun Microsystems(http://www.tbray.org/ongoing/When/200x/2004/05/02/ Policy)
o     Yahoo! (http://jeremy.zawodny.com/blog/archives/ 004725.html)
o     Groove Network http://www.ozzie.net/blog/2002/ 08/24.html)
o     Herald Tribune http://www.heraldtribune.com/apps/pbcs.dll/ section?Category=BLOG0104















PRESS TOUR & Ptress Gathering



Definisi Press Tour :

Suatu kegiatan yang mengajak insan pers bersama-sama melakukan perjalanan wisata sambil menyampaikan informasi-informasi penting tentang perusahaan.

Kapan Press Tour Diselenggarakan :

o     Kegiatan rutin : Promosi rutin
o     Peristiwa penting :
                 - Peresmian Kantor Cabang
                 - Launching product
                 - Studi banding

Manfaat Press Tour bagi Public Relations :

o     Meningkatkan citra perusahaan
o     Hubungan baik
o     Pemberitaan gratis
o     Menumbuhkan kepercayaan pers terhadap perusahaan
o     Menjadi “kepanjangan” mata dan pikiran

Manfaat Press Tour bagi masyarakat Pers :

o     Memancing kegairahan insan pers dalam menyampaikan informasi kepada publik
o     Refreshing
o     Hubungan baik
o     Memahami kegiatan perusahaan
o     Memperoleh informasi yang lengkap

Tips Persiapan Press Tour :

o     Tentukan Tema liputan ; Tentukan Tujuan
o     Siapkan materi pendukung
o     Tentukan peserta
o     Tentukan waktu kunjungan
o     Siapkan petugas pendamping dari PR
o     Koordinasi dengan kantor daerah tujuan
o     Siapkan transportasi, akomodasi dan konsumsi
o     Siapkan media kit
o     Tentukan anggaran
 
Tips Pelaksanaan Press Tour :

o     Evaluasi perjalanan
o     Evaluasi pemberitaan
o     Membuat laporan perjalanan
 
Definisi Press gathering :

o     Adalah suatu event yang mempertemukan pers dengan manajemen dalam suasana yang  informal

Tujuan Press gathering :

o     Membina hubungan baik antara perusahaan dengan pers
o     Bentuk apreasiasi perusahaan terhadap pers
o     Ajang untuk memberikan informasi yang menyeluruh dari perusahaan kepada pers

Manfaat Press Gathering (bagi PR) :

o     Meningkatkan citra perusahaan
o     Hubungan baik
o     Pemberitaan gratis
o     Menumbuhkan kepercayaan pers terhadap perusahaan
o     Menjadi “kepanjangan” mata dan pikiran

Manfaat Press Gathering (bagi Pers) :

o     Refreshing
o     Hubungan baik
o     Memahami rencana kerja perusahaan
o     Memperoleh informasi yang lengkap

Tips Persiapan Event Press gathering :

o     Bentuk kepanitiaan
o     Tema
o     Tentukan Tempat Susun acara (buat sesuatu yg khusus)
o     Tentukan undangan (wartawan, pejabat, nara sumber)
o     Siapkan transportasi, akomodasi, konsumsi
o     Siapkan seminar kit
o     Siapkan door prize
o     Siapkan games
o     Siapkan hiburan
o     Siapkan hadiah/award

Tips Persiapan Event Press gathering :
o     Evaluasi acara
o     Evaluasi pemberitaan
o     Membuat laporan

Media Internal



Jurnal internal merupakan terbitan yang dibuat oleh divisi PR untuk disebarkan kepada stakeholder yang diinginkannya. Frank Jefkins  menyebutnya Jurnal Internal, sementara T. Reilly menyebutnya Company Magazine

Fungsi Jurnal Internal bagi PR

  • Menjangkau khalayak tertentu yang terkadang tidak dapat dijangkau oleh media massa komersial seperti koran, radio dan televisi sehingga organisasi merasa perlu untuk menciptakan dan memanfaatkan media sendiri untuk menjangkau khalayaknya (Frank Jefkins)
  • Memberikan informasi kepada khalayak internal mengenai keputusan maupun kebijakan baru lembaga, menyediakan forum bagi karyawan untuk saling bertukar ide dan aktifitas sehingga dapat menaikkan moral para karyawan. (T Reilly)

10 Faktor Untuk merancang Jurnal Internal :

1.      Cakupan Pembaca : jurnal harus menyediakan berita/ informasi/ pesan yang bisa diterima oleh berbagai kalangan dengan jurnal yang berbeda-beda. Pembaca akan tertarik untuk membaca hal yang ia minati dan sesuai dengan kebutuhannya. Mis :pengusaha tidak  tertarik membaca majalan Gadis, ia lebih tertarik membaca suratkabar Kompas, atau Bisnis.  

2.      Kuantitas : Besar kecilnya suatu jurnal yang diterbitkan akan mempengaruhi kualitas yang ada dalam jurnal tesebut, baik metode-metode produksi, atau pun kandungan materi yang ada di dalamnya.

3.      Frekuensi : Berapa seringnya jurnal diterbitkan? Tentu saja jurnal mempunyai tanggal, hari, bulan tersendiri dalam menerbitkan hariannya. Ada jurnal yang diterbitkan secara harian, mingguan, bahkan bulanan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dalam merancang sebuah jurnal.

4.      Kebijakan : Kebijakan dalam hal ini, menyangkut tujuan diterbitkannya jurnal tersebut. Hal ini tidak akan lepas dari sesuatu yang sudah terjadi. Maka dari itu, dalam membuat jurnal, seorang PR tentu saja punya tujuan tertentu untuk mencapai tujuan khalayak dalam memperoleh pesan yang dikemas.

5.      Judul : Judul harus menampilkan sesuatu yang berbeda dan mencolok. Judul tersebut tidak boleh lepas dari tujuan yang dipaparkan sebelumnya. Pemilihan judul harus menjadi suatu yang konsisten, karena untuk memopulerkan jurnal tersebut, maka judul dari jurnal tidak boleh berubah-ubah. Pemilihan judul yang tepat dan sesuai akan lebih menarik perhatian khalayak dan bertahan lama.

6.      Proses Percetakan : Dalam proses percetakan harus diperhatikan beberapa hal, bagaimana jurnal itu dicetak, memakai mesin seperti apa? dan harus menentukan pilihan berdasarkan beberapa faktor penting seperti : format jurnal, jumlah halaman, pemakaian warna, jumlah gambar atau foto, kualitas percetakan yang dibutuhkan, perlu tidaknya teknik topografi digunakan.

7.      Gaya dan Format : Kita perlu memilih format yang akan ditampilkan dalam jurnal tesebut dengan tepat. Apakah hitam putih atau berwarna? Bagaimana dengan tulisannya? Tentu saja dengan gaya dan format yang telah dirancang sedemikian rupa harus menarik khalayak untuk membaca. Tampilan yang menarik menjadi perhitungan yang paling utama untuk mengundang khalayak menggunakan sensasinya dalam pemilihan jurnal.

8.      Iklan : Jika jurnal tesebut sudah terkenal, biasanya banyak sekali iklan yang menampilkan produknya dalam jurnal tesebut. Iklan juga bisa menambah penampilan jurnal menjadi semakin menarik. Dengan iklan-iklan pribadi dan gratis juga menjadi cara ampuh untuk meningkatkan minat baca pada jurnal tesebut.

9.      Dijual  atau dibagikan secara Cuma-Cuma : Jika jurnal tesebut sudah menjadi suatu media yang besar dan dibutuhkan serta dicari oleh khalayak, maka jurnal tesebut pasti mempunyai harga. Jika jurnal tesebut hanya berupa poster kecil yang ditempel dimana-mana, maka nilai jualnya tidak ada atau bisa dibagikan secara Cuma-cuma, namun yang terkandung di dalamnya adalah nilai pesan.

10.  Menentukan kelayakan pelaksanaan  : setiap upaya yang hendak dilakukan sesuai dengan dana, staf, serta kecukupan peralatan yang ada.

Khalayak Media Internal :

o     Pegawai/ anggota
o     Distributor
o     Pemasok/mitra usaha
o     Investor
o     Konsumen
o     Pemerintah
o     Masyarakat
o     Tokoh berpengaruh


Kegiatan media Internal :

o     Menetapkan target dasar dan tujuan dari media internal
o     Memperhitungkan sumberdaya manusia dan biaya untuk pelaksanaan media internal
o     Menetapkan skala prioritas untuk waktu operasi serta optimalisasi penggunaan tenaga kerja, dan berbagai sumberdaya lainnya.

Karakteristik Media Internal :

o     Jangkauan serta pembaca humas internal harus dikenali karena akan mempengaruhi gaya dan kandungan isi jurnal.
o     Besar kecilnya kuantitas penerbitan akan mempengaruhi metode produksi dan kualitas materi maupun kandungan isinya.
o     Jurnal harus diterbitkan secara berkala dan teratur dan memiliki tanggal publikasi yang tetap.
o     Biasanya isi jurnal berisi uraian hal-hal yang sudah terjadi
o     Setiap jurnal hendaknya memiliki ciri khas berkaitan dengan isinya
o     Jurnal internal harus disesuaikan dengan keseluruhan program humas dan jadi wahana untuk mencapai khalayak yang hendak dituju.

Bentuk media Internal Frank Jefkins:

o     The sales bulletin
o     The Newsletter
o     The Magazine
o     Tabloid Newsletter
o     The Wall Newspaper

Bentuk media Internal (Linggar Anggoro)

o     Newsletter
o     Koran atau Tabloid
o     Majalah Dinding
o     Majalah
o     Cetakan Khusus

Teknik Penulisan Media kehumasan (Rosadi Ruslan)

o     Persiapan dalam menggarap tulisan, gaya bahasa, mengangkat topik, merancang tujuan publikasi.
o     Akurasi:keakuratan informasi publikasi dapat dipercaya
o     Bahasa
o     Kalimat aktif, gaya bahasa formal, gaya penulisan enak dibaca, kosa kata terpilih padat dan singkat
o     Ekslusivitas dan relevansi: produk publikasi mengandung hal penting dan memiliki misi hubungan tertentu bagi kepentingan perusahaan
o     Latar belakang penulisan (background): pelengkap ayau bermanfaat untuk menunjang informasi

Formula media Internal :

o     Audience
o     Structure: bentuk struktur, teknis sistematika isi pesan, daftar isi, jenis tulisan.
o     Style: gaya penulisan, apakah faktual, aktual atau informatif termasuk pengelolaan rubrik, judl, bahasa, desain menarik
o     Editing: model tata bahasa atau kaidah bahasa, gaya bahasa sesuai dengan format yang baku
o     Topic: pokok bahasan, materi dan tema
o     Objective: tujuan dari media komunikasi yang bersangkutan

Bentuk Tulisan pada Media Internal :

o     Berita langsung
o     Karangan khas
o     Laporan mendalam
o     Kolom opini
o     artikel

Kegiatan Media Internal :

o     Menetapkan target dasar dan tujuan dari media internal
o     Memperhitungkan sumberdaya manusia dan biaya untuk pelaksanaan media internal
o     Menetapkan skala prioritas untuk waktu operasi serta optimalisasi penggunaan tenaga kerja, dan berbagai sumberdaya lainnya.
o     Menentukan kelayakan pelaksanaan setiap upaya yang hendak dilakukan sesuai dengan dana, staf, serta kecukupan peralatan yang ada.

Karakteristik Media Internal :

o     Jangkauan serta pembaca humas internal harus dikenali karena akan mempengaruhi gaya dan kandungan isi jurnal
o     Besar kecilnya kuantitas penerbitan akan mempengaruhi metode produksi dan kualitas materi maupun kandungan isinya.
o     Jurnal harus diterbitkan secara berkala dan teratur dan memiliki tanggal publikasi yang tetap
o     Biasanya isi jurnal berisi uraian hal-hal yang sudah terjadi
o     Setiap jurnal hendaknya memiliki ciri khas berkaitan dengan isinya
o     Jurnal internal harus disesuaikan dengan keseluruhan program humas dan jadi wahana untuk mencapai khalayak yang hendak dituju